Thursday, December 15, 2011

Musik di Negeri Sendiri

Hai semua. Apa kabaar? Baik kan? Alhamdulillah, semoga baik yahh. Eh kenapa jadi kayak pembukaan pengajian ya-_- ok, i'm not turning into Mamah Dedeh. Gak. Gak sama sekali. Gue di tengah malam ini tepat pukul 2 pagi, gue sedang kejar tayang nyelesain yang namanya tugas biologi gue. Dan ini gue stripping. Sumpah serasa main sinetron gue. Tugas bertebaran dimana-mana, akhirnya kejar tayang. Huh. Di tengah kesibukan ini, gue menyempatkan diri buat refreshing dengan ngelantur di blog ini. Gue mau cerita apa ya kira-kira. Hmm tentang musik di Indonesia.

Gue cuma anak remaja biasa. Bukan anak gaul. Bukan kok. Gue gabisa shuffle. Gue alay juga yaa nggak juga sih. Ya gue bukan anak musik banget cuma gue cuma mau bertanya-tanya aja dan mengeluarkan pendapat tentunya. Mari kita mulai dari.........taun depan. Gadeng. Dari sekarang.

Gue adalah salah satu pecinta musik, walaupun gue gangerti mozart-mozart,beethoven,dkk. Dan gue juga pengamat musik Indonesia. Gue sering mendengarkan radio, baik di mobil di hp gue, dimana-mana. Bahkan gara-gara saking mengamatinya, gue pernah dikira alay sama orang-orang di sekitar gue. Oh please, no, gue gak alay.

Gue kasian deh sama musik Indonesia. Depresif banget sumpah. Isinya cinta melulu dan patah hati melulu. Jarang ada yang temanya 'Jatuh Cinta'. Jarang aja, gapake banget ya. Band - band yang sekarang banyak beredar di Indonesia ini (umm oke gue lagi gamau nyebut mereka alay), menyajikan lagu yang nadanya mellow dan liriknya super mellow. Lebay gakaruan. Serasa pengantar bunuh diri tauga. Untung mental remaja - remaja Indonesia ini kuat. Jadi setelah mereka patah ahti dan mendengarkan lagu-lagu alay tersebut, mereka gak langsung gantung diri pake dasi. Oke gue akan membahas beberapa lagu Indonesia yang menurut gue freak abis.

  1. Yolanda
Lagu ini dipopulerkan oleh Kangen Band. Yah lo taulah siapa Kangen Band. Band yang berasal dari kumpulan para tukang-tukang. Serious. Ada yang dulunya tukang sol sepatu, tukang cendol, tukang jamu, dll. Mungkin suatu saat nanti gue akan membentuk sebuah band bersama para cleaning service di sekolah gue yang bernama Kosekan. Kedengerannya agak kece. Eh gadeng itu mah menurut gue doang. Kosekan ini sebenernya terinspirasi dari....kosekan wc. Back to the topic. Kenapa menurut gue lagu ini freak? Perhatikan lirik dibawah ini.
              "Kamu dimana... Dengan siapa.... Dan sedang berbuat apa....
               Kamu dimana... Dengan siapa disini aku menggumu dan bertanya......."

Nah itu adalah petikan dari lirik lagu Yolanda. Lihat. Posesif sekali bukan si Andika Kangen Band ini? Menurut gue, remaja yang mendengarkan lagu ini mereka terhipnotis lalu langsung mempraktekkan apa yang dinyanyikan Andika kepada pacar mereka. Kasihan sekali bukan pacar mereka ditanyain gitu mulu setiap hari dan hampir setiap saat? Argh. Dan untuk apa coba nanyain lagi apa sama siapa dan dimana. Nyokap nya pacarnya dia aja, yang ngelahirin dia gak seposesif ini. Nyokap gue juga nggak pernah seposesif itu sm gue. Paling dia bakal gituin gitu kalo dia bosen. Untung gue jomblo. Yang punya pacar dan pacar kalian fans nya Kangen Band, siap-siap ya:-)

      2. C.I.N.T.A
Lagu ini dipopulerkan oleh D'Bagindas. Gue gangerti kenapa 'The' nya mesti jadi 'D'. Dan gue juga gak berniat buat ngerti. Ngapain coba peduli amet. Baiklah kawan, mari perhatikan lirik dibawah ini.

                "Luka luka luka yang kurasakan
                 Bertubi tubi tubi yang kau berikan
                 Cintaku bertepuk sebelah tangan
                 Tapi aku balas senyum keindahan
                 Bertahan satu ci-i-i-i-i-inta
                 Bertahan satu ce i en te a...."

Lagu ini gaada yang salah menurut gue. Gaada yang ganjil. Hanya saja, keganjilan terletak pada baris terakhir. Coba lihat, kenapa mesti dieja? Ini lagu buat orang dewasa apa buat anak-anak yang baru bisa ngeja? Aneh aja ckckck.

       3. Putri Iklan
Lagu ini dipopulerkan oleh band yang sudah mokat atau sudah bubar. Tak lain dan tak bukan adalah band Es Teh Dua Gelas. Oh salah. Oh jayus. Maaf ralat, ST 12. Gausah kebanyakan basa-basi, look at this lyric.

                    "Aku bergetar di sentuh dia
                     Mataku terbang sampai ke langit
                     Tubuhnya pun indah ku pandangi
                     Putih mulus dan seksi
                     Tak jauh seperti sang bidadari
                     Kan ku peluk dia sampai mati
                     Rambutnya pun indah bagai putri
                     Mirip iklan di TV"

 
Menurut gue ya, ini lagu agak lebay. Dari kalimat 'mataku terbang sampai ke langit'. Ini menurut gue tuh aneh. Rata-rata orang tuh nulis, 'tubuhku terbang sampai ke langit', lah ini mata. Sumpah gue baru nemu yang kayak gini sekali. Dan gue tuh shock aja. Yakali mata terbang. Yakali. Lanjut, kita kupas kalimat 'kan ku peluk dia sampai mati'. Demi penguasa bumi dan surga, ini lebay banget. Pertanyaan gue cuma satu, "emang lo bakal mati kapan?" kalo lo alhamdulillah dikasih umur panjang sama Tuhan, begah abis lo meluk orang sampe bertahun-tahun lamanya. Gimana nanti lo pipis dan eek? kan gaenak lo bertahun-tahun meluk cewek cantik, gapernah mandi, dan selalu pipis dan eek di celana. Itu cewek juga bakal illfeel dan bakal lari tunggang langgang. Kedua, kalo seandaikan lo mati besok dan lo meluk itu cewek sampe mati, ya...yaudah-_-. Lanjut ke kalimat terakhir. 'Rambutnya pun indah bagai putri. Mirip iklan di TV." Gue bingung. Kenapa harus seperti putri? Emg semua putri di dunia ini rambutnya bagus semua? kayak iklan semua? kayak yang di lifebuoy itu tuh yang bisa dikibarin gt? dan kenapa mesti iklan di tv? emang iklan-iklan di fb, ubersoc, kapanlagi, dll yang di nternet maupun di papan baliho tuh yang gede segede gaban di jalan raya gt tuh gaada yg rambutnya bagus kayak putri? yakin gaada?

       4. Alamat Palsu
Gausah gue sebutin lagi deh yang nyanyi siapa. Lo semua pasti tau. Kalo gatau berarti apaa? Nde? SOOO. Kemane aje lo kalo gatau itu lagu siapaa. Oke gue kasih tau dikit deh. Lagu itu dipopulerkan oleh Ayu Ting-ting. Beda dengan sebelum-sebelumnya, gue gaakan ngasih liriknya. Karena alasan yang sama, lo-pasti-udah-tau liriknya. Gue mau membahas keganjilan lagu itu.

Gue heran kenapa Ayu Ting-Ting bisa nyasar gak nemuin alamat. Kenapa gak sebelum si Ayting (Ayu Ting-Ting) ini mendatangi alamat tersebut, dia gak ngecek keasliannya itu ke pacarnya? ya kan ini udah jaman ada bb, tinggal bbm. Ada msn, facebook, twitter. Tinggal chat di facebook atau mention atau dm-dm an di twitter apa susah nya sih. Atau kalo misalkan dia males nelfon/sms pacarnya, dia bisa kan pake gps gitu biar gak nyasar. Apa susahnya sih elah. Atau kalo dia males pake gps, dia bisa buka google map gt kan. Hadooh gak modern bangetsih. Lagian itu Ayting kenal sama pacarnya dimanasih. Gue aja ya kalo kenalan sama orang atau sama mantan-mantan gue deh ya, walaupun gue gapernah ke rumahnya, tapi gue tau rumahnya dimana dan itu jelas ada. Haduuuh gmnsih Ayu Ting-Ting.

Gue lebih bingungnya lagi, masa gaada temennya yang tau pacarnya Ayting dimanasih? Ini Ayting pacaran sama manusia apa setan? Kenapa gak si Ayting ini ikutan termehek mehek nyari cowoknya? Haduuuh auah. Let's move on.

     5. Hamil Duluan
I bet, lo pasti kalo mendengar judul lagu ini pasti teringat pada Sinta - Jojo. Tapi, sebenernya lagu ini dipopulerkan oleh Tuty Wibowo. Penyanyi dangdut. Mau liat fotonya? Nih.
 Kece gak?

Dia ini nyanyiin lagu Hamil Duluan. Asli itu liriknya menceritakan realita. Cuman tuh aduh asli gue illfeel bgt sama liriknya. Gak gak gakuat ya cyin ya yuuuk. Jadi gini nih liriknya.

          "awalnya aku cium-ciuman
           akhirnya aku peluk-pelukan
           tak sadar aku dirayu setan
           tak sadar aku ku kebablasan
           reff:
           ku hamil duluan sudah tiga bulan
           gara-gara pacaran tidurnya berduaan
           ku hamil duluan sudah tiga bulan
           gara-gara pacaran suka gelap-gelapan."


Extreme bukan lirik lagunya? Dan gue mau nanya, ngapain coba pacaran tidurnya berduaan? emg yang satu gapunya kamar? mesti nebeng gitu? Argh. Gue gangerti. Untung gue jomblo.

Jadi, bukan berarti gue benci musik Indonesia. Bukan. Gue menghargai ST12 dan kawan-kawan. Gue suka Sm*sh dan gue suka Anisa Chibi. Terus dukung musik Indonesia dan jadilah generasi emas musik Indonesia yang dapat menghasilkan musik yang bermutu. Yudadayugutbay cyiiin.

Sarah Deshita (wannabe)

No comments:

Post a Comment