Sunday, December 11, 2011

ALAY

Mungkin lo bingung kenapa gue ngepost sebuah article berjudul alay. Awalnya gue pengen bgt posting cuma gatau topiknya apa. Dan gue liat notes notes gue, dimana gue masih rada alay. Hets stop jangan illfeel dulu. Gue dulu gapernah ngetik k3a 9!N! n1cHh,,, gak. Sama sekali gapernah memadukan angka, tanda baca, huruf kecil, huruf besar dalam satu kata ataupun kalimat. Paling paling kalo pernah itu cuma buat ngerjain temen gue-_- jahatbanget ya. Paling parah gue juga singkat-singkat kata. Oke, alay itu sebenernya apa? konon katanya, alay itu tuh anak layangan, kayak kampungan gt. Stop, disini gue agak bingung, kenapa alay itu dibilang kampungan? apa bedanya alay sama udik kalo gitu? Wallahua'lam bisshowab gue juga gatau. Kata orang, ciri-ciri alay tuh kayak gini:

  1. n93t!k Jj4H k3A 9!n! N!cH,,,,,,!!!!! (lihat, mereka yang mengetik seperti itu, kayak gapernah diajarin menulis/berbahasa dengan baik dan benar di sekolah tauga. Memadukan angka, huruf kecil, huruf besar, tanda baca pada satu kata. Apa gak pusing? Tangan mereka ada berapa sehingga tidak lelah mengetik seperti itu? Secara logis gini, mereka pasti sekolah dan diajarkan Bahasa Indonesia. Gue yang gapernah ngetik kayak gitu aja nilai Bahasa Indonesia gue jelek, gimana mereka?)
  2. Kalo foto, gayanya suka naro jari mau satu mau dua mau semuanya kek di depan bibir lalu memonyongkan bibir. Atau seperti sedang upacara, yaitu hormat. Dan tak lupa, foto di dekat lampu atau cahaya, dan foto dari atas, lalu di edit,daaan jangan lupa editannya yang rame gitu. Singkatnya, narsis tapi norak. (Hmmm menurut gue sih gini, ngapain coba foto kayak gitu?pengen dibilang gaul?gue gapernah tuh lagi jalan atau di tempat umum nemu orang lagi jalan sambil kayak gitu. Buat apa coba foto deket cahaya atau lampu?pengen dibilang putih?yang ada orang juga ngeliat nya silau. Foto dari atas?buat apaan? biar gakeliatan dibelakang lo ada siapa? Dan ini nih, kenapa mesti editannya rame gt? Gue rasa sih mereka nilai TIK nya apalagi di bidang photoshop tuh bagus ya. Secara gitu editannya rame bgt udah kayak pasar malem-_-)
  3. Suka nongkrong di pinggir jalan atau di depan gang, lalu ngerokok, lalu ngobrol gajelas teriak-teriak berisik, nyanyi nyanyi lagu yang sedang ngetop (yea, lagu-lagunya ST12, armada, gitu-gitu lah), dan yaa pokoknya mengganggu ketertiban. Tak lupa mereka menyalakan lagu dari hp dan lagu yang mungkin kita gakenal. Seringkali mereka seperti itu di malam hari. (Beeeeuh, coba kalo orang lagi tidur keganggu bgt kan dan gapenting abis kan kebangun garagara denger bunyi orang ketawa dan bunyi-bunyi lagu aneh yang gak dikenal. Bukannya serem malah bete.)
  4. Suka gangguin orang lewat kalo lagi nongkrong. (Ya, gue pernah lagi jalan pulang ke rumah dari warung, melewati gang dan unfortunately ketemu segerombol anak alay dan mereka gangguin gue. Jijik kan lo kalo jadi gue?)
  5. Selera musiknya itu metal abis. Melayu total. Dan mereka suka banget dengerin lagu yang cinta melulu, yang mendayu-dayu, yang suaranya gak karuan, yang haduh notabene band alay atau gak laku. (Lo tau gak siapa pionir atas semua itu? Tak lain dan tak bukan ya band yang digawangi oleh mantan tukang cendol! Ya gaperlu gue sebut namanya juga lo semua tau. Kalo diliat-liat, kasian ya pasar musik Indonesia. Rakyat nya diracuni sama yang begituan. It's better to listening to Ebiet G Ade's music than Melayu tital band. Serious.)
  6. Sok imut abis. Ngetik 'juga' aja jadi 'juja', 'aja' jadi 'jja/zza'. (Maksudnya apa ini?! Oh Tuhan, tolong.)
  7. Ngerasa paling wow gitu ya. Sampe nama facebook aja gini 'nIIItHa iMoeT aBiZzZz'. (Sumpah ini stress abis. Apa coba yang imut dari foto-dengan-bibir-monyong-plus-telunjuk dan nulis gede kecil. Dan itu pede abis. Serasa baru menang kontes orang terimut se jagad facebook. Puteri Indonesia atau Miss Indonesia aja gaada yang pas habis menang langsung ganti nama facebook mereka menjadi *nama mereka* PuTrIe ChAnTik. Gaada wey. Gaada.)
  8. Bagi mereka yang BlackBerry user, mereka akan menulis display name mereka sepanjang mungkin dan sering menggunakan autotext. Serta sering nyampah di recent updates dengan ganti-ganti status mulu atau ganti display pictures mulu. (Helloooo, lo kata twitter apa lo bisa ganti ganti status mulu? Emang situ fotonya udah oke? Mending bagus, lah ini gak karuan. Buseeet)


Oke, cukup ya ciri-cirinya. Cukup. And, right now, I wanna make some confession, no muna, gue dulu juga pernah terjebak kedalam ke alay an. Siapa role model gue dalam ke alay an? Tak lain dan tak bukan ya nyokap dan temen-temen gue. Kalo lo tau, para ibu-ibu ini memiliki koleksi autotext seperti koleksi sepatu tauga. Jadi, setiap nyokap dan tante-tante gue lagi ngobrol di group keluarga, pasti selalu mengeluarkan autotext yang heboh, lebay, serta panjang panjang. Gini deh, orang gue ngejayus di group bbm keluarga, eh tante gue ngasih komennya panjaaaang banget kayak pulau jawa. Aneh kan? Memang. Back to the topic. Gue bersyukur gue gapernah fotofoto seperti adegan anak alay. Pose gue memang alay tapi itu beda. Beda banget. Sampe pernah gue masang dp (display picture) gue lagi mangap gitu, dan temen gue langsung nanya, "Lo dibajak ya, Shei?".....nyes abis. Gagal gue. Dan fortunately gue selalu mengetik dengan benar, gapernah pake yang gitu-gituan lah. Paling parah tuh gue ngetik disingkat-singkat rada gajelas. Sumpah itu terjadi saat gue masih sd, dimana zamanzamannya gue rada alay. Dan ini terparah, gue pernah mengganti nama facebook gue menjadi 'Sheila Jasmine Gomez' kenapa gak Bieber? Jaman gue kelas 5 sd belom kenal Bieber wey. Yah alhamdulillah sekarang gue udah insyaf kembali ke jalan yang lurus, walaupun gue masih tau lagu-lagu alay tapi gatau nama penyanyi nya siapa.

Dan satu hal yang lo mesti tau, nama band di Indonesia tuh freak abis. Ada yang Kangen Band, Salju Band, Dadali, Hijau Daun, Wali, Armada, dll. Maksudnya itu apa?!?! Kenapa mesti Kangen Band coba namanya? biar dikangenin gitu? Kenapa Salju Band? garagara citacita pengen banget di Indonesia ada salju gak kesampean gitu? Kenapa Dadali? lo kira lagu Sunda noh Manuk Dadali? Kenapa Hijau Daun? pengen kerjasama bareng band Klorofil biar menghasilkan band Oksigen? Kenapa Wali? Ini mau jadi walisongo, apa wali nikah, apa wali murid, argh gue gatau. Kenapa armada? Ini maksudnya apapula. Hhhh gue gak ngerti dan gak akan ngerti. Udah ah Shl mau mandi cantik dulu. Belom mandi nih hehe. Dadaaah.

Salam,

Nikita Willy
 (muka jauh tapi tinggi beda tipis)

No comments:

Post a Comment