Sunday, March 16, 2014

Soal Seleksi Nasional

Kembali ke 2012

Saya duduk di bangku kelas, menatap soal seleksi nasional
Bingung. Gak ngerti. Sulit sekali
Rasanya seperti mengerjakan tes formatif matematika di SMA; saking bingungnya, gak tau apa yang dimengerti ataupun diketahui
Mau benar ataupun salah, tulis saja
Toh yang penting saya jawab dan menurut saya benar
Rasanya kala itu, seperti pergi ke alam mimpi

Tiba-tiba, MC memanggil nama saya untuk maju ke podium
Untuk menerima medali
Ya, medali itu buat saya
Rasanya seperti ada di alam mimpi ketika mengalungi medali itu

Hari ini

Saya duduk di bangku rumah saya, menatap soal seleksi nasional yang tertera di layar laptop saya
Memancing ingatan dan perasaan saya kembali ke tahun 2012
Sama saja rasanya
Sama-sama sulit rasanya soal-soal seleksi tingkat nasional di bidang akademik manapun
Membuat saya berpikir, saya tak pantas bagi soal-soal itu
Membuat diri saya berbisik, saya tak pantas untuk berada di jejeran seleksi nasional

Kembali ke hal yang pernah saya lihat dan rasakan
Saya merasa, saya tidak pernah layak untuk sebuah tingkat yang bernama nasional.


Saturday, October 5, 2013

S M A B E L

Ini hanya sebuah cerita dari seorang siswi yang sedang dalam progress untuk beradaptasi dengan lingkungan baru nya. Dengan kehidupan pendidikan jenjang yang lebih tinggi.

SMP NEGERI 115 JAKARTA

1 kata yang ada di pikiran gue ketika mendengar/melihat nama itu: KANGEN. Sebenernya lebay sih baru juga 3 bulan gak belajar di smabel udah kangen, apalagi tiap pulang sekolah pasti ngeliat bangunan gede ijo-ijo alias bangunan smabel sendiri. 

Gue sendiri udah 3bulan di SMA. Alhamdulillah, gak begitu susah buat gue beradaptasi disini dan gak susah buat gue bergaul dengan teman-teman baru dari SMP lain. Jadi seenggaknya gue gak terlalu ngenes sih walaupun setengah angkatan SMP gue pada masuk SMA yang sama-_- dan lingkungan SMA ini sendiri selalu punya alasan kenapa gue betah di sekolah ini. Bisa dibilang, inilah jawaban dari sekolah impian yang gue pertanyakan dan gue cari-cari selama ini.

Walaupun gue udah mulai betah sama sekolah baru gue, bahkan kadang suka bilang "ih enak ya disini. Lebih keren daripada smabel. Beda banget." &stuff like that gitulah. Tapi pasti tiap hari ada aja yang bikin gue keingetan sama kebiasaan di smabel, terutama sama kenangan selama gue resmi menjadi siswi SMP Negeri 115 Jakarta.

Beberapa kali gue tanpa sengaja ajak temen gue ke smabel, yang sebenernya sekalian juga mau jalan dan mampir ke smabel gitu, dan gue seringkali bilang "ini SMP gue loh. Deket banget ya dari 8 hahah." kemudian gue nunjuk ke arah poster dimana disitu ucapan selamat karena angkatan gue lulus dengan menorehkan prestasi terbaiknya, Peringkat 1 Negeri-Swasta DKI Jakarta dan Peringkat 2 Nasional. Gue bilang ke temen gue "liat deh poster itu. Itu angkatan gue." sambil nunjuk ke poster itu dengan nada bangga.

Hidup 3 tahun di smabel, banyak banget pelajaran yang gue dapet. Inget banget rasanya hari pertama nginjekin kaki sebagai siswi smabel dan hari terakhir sebagai siswi smabel. Rasanya cuma ada 2: seneng dan sedih. Dan di 2 peristiwa itu, gue ngerasain 2 hal itu. Inget banget hal yang bikin gue sayang banget sama smabel sampe hal yang bikin gue sebel banget sama smabel. Inget banget semuanya.

Smabel punya beberapa arti dalam hidup gue. Smabel adalah basic dimana gue tumbuh untuk menghadapi hari-hari ke depan. Smabel tempat gue belajar hidup, smabel tempat gue belajar untuk membangun suatu impian dan belajar untuk mewujudkannya, smabel tempat gue belajar untuk menuai harapan, smabel tempat gue belajar untuk tidak mengecewakan orang lain, smabel tempat gue mengenal motivasi, dan smabel adalah pondasi gue untuk berkembang dan terus berkembang. Smabel tempat gue mengenal cinta. Smabel tempat dimana gue mulai belajar arti kerja keras yang sesungguhnya. Smabel tempat gue belajar tentang kebangaan dan membanggakan. Smabel tempat gue belajar berteman, berbudaya, dan berakhlak. Smabel tempat gue beranjak dewasa. Smabel, saksi bisu semuanya.

3 tahun di smabel, gue jadi tau arti pertemanan. Gue jadi tau kerasnya hidup. Tinggi nya kkm yang berbanding lurus dengan tinggi nya harga sembako, dan juga soal susah (walaupun gak sesusah di sekolah gue sekarang. ) Di smabel, gue jadi belajar betapa berharganya teman, uang, dan hidup. EA. Gue tau arti solidaritas. Gue jadi tau betapa senangnya memiliki sesuatu dan betapa sedihnya ketika itu hilang. Gue belajar yang namanya berkorban demi nama sekolah dan provinsi. Gue inget gue ninggalin kelas berminggu-minggu buat pelatihan. Gue inget gue kehilangan moment untuk menghadiri Science Expo, dimana gue sendiri panitia dan gue juga gatau apakah akan ada lagi Science Expo setelah angkatan gue, demi pelatihan. Gue inget gue harus rela gaikut perpisahan kelas yang gue sayang demi provinsi dan sekolah. Dan alhamdulillah semua terbayar. Intinya, kalo gue gak masuk smabel, gue mungkin gatau rasanya mengorbankan hal yang berharga demi sesuatu yang juga berharga bagi semua. Di smabel gue juga belajar untuk menikmati hidup; tetap bisa tertawa bersama ketika susah. Mental gue juga mulai dibentuk di smabel. Mental menerima sesuatu yang gak diharapkan, mental ketika suatu hal terjadi dan itu tidak sesuai dengan apa yang lo harapkan. Dan juga mental untuk menjalani hari-hari di dunia luar. Gue gatau kalo gue gapernah dapet nilai jelek, gapernah dikejer deadline, gapernah ikut pelantikan selama di smabel gatau gue jadi apaan sekarang. Di smabel, gue belajar bahwa yang tadinya bukan apa-apa pun bisa jadi sesuatu. Gue inget, di semester 2, setiap hari Jumat angkatan gue dikumpulin di lapangan buat dikasih info tentang hasil try out dll. Selalu dibawelin tentang hasil try out yang (menurut guru-guru) kurang memuaskan. Selalu dibawelin dan dibanding-bandingkan dengan sekolah lain yang TUKPD nya peringkat nya lebih baik dan yah semacam itu lah. Gue sendiri sampe hafal, sampe bosen dibawelin tentang itu hahah. Sedikit diremehkan karena angkatan gue suka dibanding-bandingin sama angkatan atas yang bagus, pernah juga dirasain. What's good from revrodite: gak banyak janji, gak banyak omong, tapi bisa kasih bukti bahwa smabel2013 bisa jadi yang terbaik di DKI. :_)

Masih melekat jelas di pikiran gue, ucapan-ucapan terakhir Bu Pesta ke gue dan angkatan gue di hari-hari terakhir kami di smabel. Seolah-olah masih gapercaya kalo kami udah berstatus alumni. Gue juga kadang gak percaya. Kangen rasanya pake batik smabel dan pake rok SMP yang warnanya beda dari yang lain. Kangen kalo ditanya "anak mana?" terus jawabnya "smabel". Sekarang cuma bisa banggain smabel dengan memori indah. Kangen nyanyi mars smabel. Terkadang, gue kalo inget mimpi-mimpi atau sekedar omongan asal gue yang menjadi kenyataan pas masih di smabel, gue sedih sendiri. Kangen rasanya. Ada yang hilang. Rasanya, gue pengen minta kesempatan 1 hari aja buat belajar lagi di smabel bareng smabel34, dan berharap bel gaakan berbunyi.

Tuesday, September 10, 2013

Cinta Itu...

Sebagai remaja kota metropolitan jaman sekarang *ea*, gue mainan askfm juga. Walaupun gaada yg ask gue, bodo amat. Yang penting gue bisa makenya. HAZEK. But this isnt the point of the article. Gapenting emang epilognya.

Jadi gini, di media askfm/formspring, gue suka banget nemuin anon-anon yang ask ke beberapa orang gini, "menurut kamu/lo/anda/ngana cinta itu apa sih?". Yah pokoknya pertanyaannya semacam itu deh. Dan berdasarkan riset gue, pasti jawabannya panjang gila kayak postingan blog gue ini. Gakdeng gak selebay itu. Tapi jawabannya bagus sih. The essential of this article is, gue mau mencurahkan apa itu cinta menurut gue. Kenapa gue tulis disini?karena gaada yang ask gue kayak gini dan gapenting juga sih ditanyain ginian. Yaudah kita mulai.

CINTA ITU...


  • Ketika permen Nano-Nano, rasanya gak senano-nano hati lo.
  • Ketika lo ditraktir aqua gelas/permen kaki tiga sama doi aja udah seneng banget.
  • Ketika lo bengong aja sambil cengar-cengir.
  • Ketika gebetan lo jalan sama cewe/cowo lain itu rasanya lebih menakutkan daripada film The Conjuring.
  • Ketika lo masih mampu tersenyum ketika lo lagi ulangan mat tentang logaritma dkk yang susahnya amit-amit. Kenapa lo tersenyum?simple. Gara-gara inget doi pas lo lagi ngerjain.
  • Ketika lo makan Es Potong yang harganya 500an aja berasa makan Magnum Gold.
  • Ketika lo naik bajaj ke Kampung Melayu sama dia berasa keliling dunia.
  • Ketika lo liat dia senyum aja, jantung lo berasa lagi marawisan.
  • Ketika lo senyum mulu. Mau tidur, senyum. Mau makan, senyum. Remed ulangan, senyum. Dimarahin guru pun masih sempet senyum kali.
  • Ketika lo jadi seorang pujangga dadakan.
  • Ketika lo mau tidur aja seneng. Bangun tidur juga seneng. Seneng mulu sampe jadi linglung. Gaada hubungannya sih.
  • Ketika lo jadi linglung gara-gara pecah fokus.
  • Ketika lo sedang jatuh cinta.
  • Ketika lo jadi orang paling wangi dan paling cakep sedunia.
  • Ketika lo tiba-tiba dengerin lagu cinta melulu.
  • Ketika tiba-tiba lo jaim.
Dari sekian banyak teori yang gue sebutkan, ada satu yang (paling) penting. Last but not least. Cinta itu....

KAMU

Sesimple itu bukan? Cinta itu sebenernya gak ribet. Cinta itu sesederhana dan sebahagia mungkin. Cinta itu cuma butuh kejelasan, gaperlu panjang lebar kebanyakan cincong. Cinta itu apa adanya. Cinta itu gitu deh pokoknya. Ya gitu. 

"Love is when a girl puts on a perfume and a boy puts on cologne,and they go out and smell each other." -Adam Young

"When silence between two people is comfortable, you know you have found love." -unknown

Friday, May 10, 2013

8 Tips Presentasi

OSN SMP 2013 tinggal menghitung hari, dimana hari nya sendiri bisa diitung pake jari. Gue dapet kabar kalo buat mapel IPS tahun ini ada tes praktek berupa Presentasi. Kali ini, gue mau share tentang tips presentasi.

Yak, jadi presentasi yang biasa dilakukan di lomba-lomba atau olimpiade pastinya beda sama presentasi di sekolah atau di kelas gitu. Yang biasanya lo lakuin di kelas pasti pake powerpoint dan lo membaca isi powerpoint nya gitu. Gue pernah mengikuti lomba, dimana gue harus mempresentasikan kasus yang ada di video gitu. Jadi presentasi nya kayak analisa. Tapi bisa aja OSN ini presentasi nya pake gambar/poster.Tapi yang pasti, yang ini, beda nya cetar abis. Gangerti?yaudah. Here we go.

1. Amati gambar/video yang diberikan oleh penguji

Kenapa? karena kalo lo gak mengamati dengan baik, otomatis pas waktu presentasi lo bakal plongo di depan penguji. Bukannya dikira peserta OSN, ntar lo malah dikira kambing cengo ngeliat kucing bertelor. Atau salah-salah garagara nekat akibat gak memperhatikan gambar/video dengan baik, lo bakal jadi sotil kuadrat. Sukur-sukur kalo lo lagi hoki. Kalo lagi gak hoki?

2. Susun konsep untuk presentasi ketika sedang mengamati

Oke, bukan berarti gue mengajarkan ke-tidak konsisten-an. Tapi ini seperti menjabarkan dari tips no. 1. Jadi, maksud gue mengamati dengan baik itu bukan berarti lo cuma diem asik nonton/ngeliatin gambar. Tapi, sambil ditonton video/diliat gambarnya, lo juga harus mencerna isi/makna dari video/gambar tersebut. Dan juga sambil menyusun konsep apa saja yang akan dipresentasikan (yaitu intisari dari video/gambar&pengetahuan lo).

3. Jangan lupa sisipkan pengetahuan lo tentang kasus yang ada di gambar/video itu

Biar kesannya presentasi lo gak basi abis. Jadi kan juri nya kayak tertarik gitu dengerin lo ber-presentasi ria. Kasih pengetahuan lo seluas-luasnya, asal jangan melenceng dari topik. Misalkan lo dikasih video/gambar A. Lo banyak tau tentang video/gambar itu. Nah kebetulan lo disuruh jelasin tentang sisi geografi, ya jelasin aja pake intisari yang tadi udah lo tangkep dan pake pengetahuan lo yang menyangkut dengan geografi. Jangan sampe lo malah nyasar-nyasar ke ekonomi. Kalo lo nyasar, yang ada jurinya mangap-mangap liatin lo ngomong. Bukan kagum, tapi bingung lo ngomongin apaan.

4. Bicara seperlunya dan sejelas-jelasnya

Biasanya, pada waktu presentasi akan diberikan durasi waktu untuk peserta mempresentasikan video/gambar. Nah, karena durasi ini, lo harus pandai-pandai mengolah intisari&pengetahuan lo menjadi singkat, padat, dan jelas. Itu kalo pada kasusnya lo hanya diberikan waktu sedikit sedangkan video/gambar yang harus lo presentasikan itu cakupannya luas banget. Gimana kalo waktu yang relatif sedikit tapi apa yang lo sampaikan secara ringkas malah bikin ada sisa waktu?selow aja. Kalo lo rasa apa yang lo presentasikan sudah cukup, yaudah. Gak usah dipanjang lebar tinggi in, salah-salah nanti lo malah bisa nyasar kemana-mana. Jatohnya malah lo kayak ngejatohin apa yang sudah lo presentasikan di awal. Rugi?iyalah.

5. Gunakan bahasa formal

Biasanya, tata bahasa atau estetika dinilai juga. Presentasi lo kurang cetar walaupun pengetahuan lo oke, kalo bahasa lo masih bahasa warung sebelah. Yah seenggaknya pas presentasi bahasa lo kerenan dikit lah. Gaya gitu berasa bahasa pejabat lagi meeting. Setelah presentasi, bahasanya boleh kok kayak gini lagi.

6. Jangan gugup

Untuk bagian mental, ini yang paling penting. Karena kalo lo udah gugup, udah kacau aja semua. Ntar lo malah kalang kabut. Yah kalo gugup mah minimal lo ngomong nya jadi kayak anak playgroup gitu a-u-a-u. Maksimalnya.....lo ngompol atau pingsan, yah yang bikin lo fix gagal presentasi gitu.

7. Jangan lupa berdoa sebelum presentasi

Yak, ini sebenernya yang paling penting. Dengan berdoa, hati lo bakal lebih tenang. Mintalah pada Tuhan agar diberikan kelancaran ketika presentasi. Sesudah presentasi juga berdoalah, agar diberikan hasil yang terbaik. Semoga presentasi lo membawa keberkahan. Percuma kan kalo presentasi lo bagus tapi lo gak berdoa:-D "Manusia boleh berencana, tapi Tuhan yang berkehendak." -semua orang. Ya menurut gue sebenernya berdoa itu yang nomer 1 lah, karena lo meminta kepada Tuhan. Masa iya sih lo lagi dalam ujian gitu Tuhan lo nomer 2 kan padahal Tuhan sering kasih apa yang lo minta?yegak?lo aja dinomerduain sama gebetan kek, pacar kek, ngambek. Nah makanya, jangan lupa berdoa.

8. Usahakan berdiri tegap ketika sedang presentasi

Yah sebenernya ini addition yah tapi gapapa lah. Berdiri tegap bikin lo kelihatan lebih siap dibandingkan presentasi dengan badan yang goyang-goyang gitu. Mending kalo badan lo goyang-goyang dikit. Kalo sampe goyang itik mah namanya lo lagi pentas dangdut, bukan presentasi. Jangan juga sambil nyender tembok, apalagi kalo sambil angkat satu kaki, itu mah namanya lo disetrap guru. Tapi, kalo seandai kata aturan main nya lo harus presentasi sambil jongkok atau tiarap atau sambil berdiri angkat satu kaki sih yaa ikutin aja, daripada nilai lo dikurangin. Yegak?

Udah ye, sesuai judul aje, tips nya cuma 8. Ntar kalo kepanjangan malah dikira pembahasan soal lagi. Oiya, tips ini tidak menjamin 100% yah. Soalnya yang 100% menjamin itu usaha kalian sendiri. Kalo kata Coboy Junior, EAAA. Goodluck buat adikadik peserta OSN XII 2013 Kep. Riau mapel IPS. Semoga berhasil. (:

Semangat,

IPS ang. 3/2012 DKI Jakarta

Monday, December 31, 2012

From January to December Part 3 #RoadTo2013

2 Caturwulan di tahun 2012 sudah gue lewati. Bagaimana dengan Caturwulan ketiga di 2012 ini?

September

Gue mengawali bulan September dengan ke Kuala Lumpur. Gue ke Kuala Lumpur untuk menghadiri pernikahan om gue dan sekalian jalan-jalan. HEHE. Hanya 3 hari di KL, lumayan cukup. Seenggaknya gue udah liat sevel di Malaysia ini mostly gimana yang menurut gue cenderung mirip Indomaret 24 jam yah. Kebetulan dari flat yang disewa keluarga gue sudah terlihat Menara Petronas dan aslinya emang deket dari flat itu. Pada hari pertama setelah kedatangan gue, hari itu gue harus datang ke rumah besan om gue (yes, his wife is Malaysian) setelah dari situ, langsung gue ke Genting. Klenger jugasih bolakbalik Genting-KL. Di Genting pun gue cuma liatliat aja dan gue beruntungnya tidak boleh masuk ke Kasino-_-di Genting gue cuma bisa puas liat-liat, makan cheeseburger McD, dll. Waktu gue di Genting habis buat nungguin sepupu gue yang belanja dan lambretos setengah mati. Lumayan sih gue bisa foto dulu di depan Starbucks yang juga tanpa sengaja difotoin tante gue. Gue juga sempet beli coklat di kios gitu. Akhirnya pas sore dan setelah sepupu gue selesai belanja pun kita pulang. Galangsung pulang sih, tapi mampir dulu ke Sungei Wang. Besoknya gue ke resepsi om gue:) terus ke Masjid Wilayah Persekutuan, ke Sungei Wang (lagi) dan naik kereta bawah tanah nya Malaysia. Besoknya pun gue pulang ke Jakarta. Mulai menghadapi ulangan-ulangan yang lagi-lagi menunggu gue. Huft.

Lalu di masa pertengahan September, gue sudah mulai mencari dana buat Cramsisco 7. Di hari Jumat itu, gue, Sasha, Tata, dan Koro alias Dinda pergi ke Menara BCA buat ngajuin proposal sponsorship. Pada awal pergi, kami diantar akomodasi. Cuma tiba-tiba pas kita baru sampe, akomodasi harus pulang lagi ke smabel. Yaudah kita pulangin akomodasi dan kita pulang naik Bus TransJakarta. Yaudah, kita pulang ke smabel atau halte Kampung Melayu naik Bus TransJakarta. Sulitnya, kita harus beberapa kali transit. Awal-awal transit sih udah bener. Eh pas udah tinggal transit di halte Dukuh Atas, kita malah bablas ke tujuan akhir yaitu halte Blok M. Itupun kita nyasar jam setengah 5 sore. Kita bingung gimana cara balik ke smabel, akhirnya kita naik taxi sampe Gereja Santa karena macet. Dari Gereja Santa, kita lari sampe Tendean. Itu udah jam setengah 6. Bayangin 4 anak cewe masih pake seragam batik larilari di pinggir jalan pas sebelum maghrib. Sampe di Tendean, Alhamdulillah kita nemu bajaj dan akhirnya berhenti sampe Tebet alias depan Smabel. Di perjalanan pun macet, abang bajaj nya marah-marah. Yaudah tarif yang tadinya 40ribu kita tambahin 5ribu. Jadi 45ribu. Mana pas nyampe sebrang smabel, dengan cacatnya gue gabisa nutup pintu bajaj lagi-__-yaudahlahya ikhlasin aja. Dan kita sampe smabel pun jam 7 malam. Gila kali yak Menara BCA (GI)-Smabel 3jam....

Oktober

"Wake me up when September ends." -Green Day (Wake Me Up When September Ends)
Semua berjalan biasa. Ditengah-tengah Oktober, datanglah suatu ujian bernama UTS. Gue gangerti kenapa gue selow banget dalam menghadapi UTS. Setelah UTS selesai, gue mulai denger kabar kalo bakalan ada Olimpiade IPS yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang pada bulan Desember dan proposal nya udah keluar! Buru-buru gue print biar bisa diapprove sama koordinator lomba di sekolah gue.Tapi karena ada Monitoring Evaluasi dari Direktorat, tampaknya semua bener-bener sibuk sampe proposal gue belum kebaca dan gue sendiri diminta buat foto bersama medali *ea photoshoot* dan memfotokopi sertifikat gue karena pihak sekolah gapunya foto official gue asli pas di Pontianak. -_-

November

Gue membuka November dengan hari pembagian raport bayangan. Gue agak males sih karena nilai asli ditunjukkin di raport bayangan. Dikala itu pula, gue langsung mengingat-ingat nilai gue sambil bersiap-siap kalau harus diomelin nyokap karena ada nilai yang cacat.

"I knew you were trouble when you walked in." -Taylor Swift (I Knew You Were Trouble)

Gue menutup November dengan ujian. Ya, akhir November pun sekolah gue udah UAS. Dan, gue nyaris ketinggalan banyak ujian karena kecelakaan di mata gue. Akibat lagi main sama adek gue yang baru berumur 3tahun, dan kacamata gue dilempar dengan pedang-pedangan sehingga pecah, sedikit pecahannya ada yang masuk ke mata sehingga menggores kornea gue. Gue pun terpaksa gabisa ikut ujian sehari dan harus susulan. Untung sehari doang-_-

December

Minggu pertama di bulan Desember gue isi dengan Ujian RSBI matpel Math, Science, English. Ujian itu berlangsung selama 3 hari. Dan jeleknya, sehabis ujian malah ada PM (walaupun ada beberapa matpel yang nggak PM karena gurunya gak ada). Selesai ujian pun gue nanyain tentang lomba. Alhamdulillah disetujui sama koordinator lomba dengan syarat akomodasi ditanggung gue sendiri. Baiklah gak ada masalah karena di Semarang gue bisa tinggal di rumah nenek. Dan, setelah ujian pun gue langsung ngisi form dan minta tanda tangan Kepsek sebagai persyaratan administrasi lomba. Awalnya, gue kira minta tanda tangan Kepsek itu gampang. Sehari ketemu minta terus selesai. Ternyata rempong, bro. Gue ngejer Kepsek selama 4 hari dan baru hari keempat gue bisa dapet tanda tangan nya. Gila tua di jalan gue minta tanda tangan susah banget, Setelah tanda tangan berhasil gue dapatkan, gue mulai mengurus administrasi lomba dan besoknya gue dikasih bimbingan sama Pak Djalil. Besoknya lagi, gue belajar sharing bareng calon-calon penerus gue.

"We don't even have to try, it's always a good time." -Owl City ft. Carly Rae Jepsen (Good Time)

Hari ketika gue berhasil mendapatkan tandatangan Kepsek bertepatan dengan Opening Smabel Cup 3, cup nya smabel yang diselenggarakan oleh angkatan gue. Tanggal nya cantik 12/12/12. Dan.......3 hari kemudian, Cramsisco 7! Pensi yang diselenggarakan oleh angkatan gue. Gue sangat bersemangat pada hari H yaitu tanggal 15 Desember 2012, walaupun masih agak-agak ngantuk dimana gue standby di sekolah dari jam 6 pagi sampe 11 malem baru pulang. Cramsisco 7 yang menghadirkan bintang tamu RAN, HiVi!, Deadsquad, dan Monkeyboots alhamdulillah berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Asal lo tau, H-1 itu ujan deres banget sampe jalanan banjir. Gue gatau ada apa tiba-tiba pas Cramsisco tuh hari itu gak hujan di lokasi, SMPN 115 Jakarta. Dan hujannya pun baru turun pas Cramsisco baru aja bubar. Adakali 5 menit abis bubar terus ujan. Gue gabisa berkata apa-apa yang jelas gue seneng banget Cramsisco 7 Alhamdulillah sukses&lancar. Btw, itu kita gapake pawang hujan loh...

"Hey I just met you."- Carly Rae Jepsen (Call Me Maybe)

4 hari sehabis Cramsisco 7, gue dengan rasa lelah yang masih tersisa berangkat ke Semarang untuk mengikuti lomba yang persyaratannya cukup susah buat tandatangan Kepsek. Gue berangkat gak sendiri. Gue bareng Maska, one of my best. Dia juga bawa pasukan berupa 4 temannya dan 1 guru nya yang extra-ordinary. Kicep tuh ceritaqnya gue cuma smabel sendiri terus cewe sendiri. Sebenernya awalnya gue diem, karena kicep. Pas mau berangkat malah gue diajak ngobrol sama mama nya Ghani, salahsatu pasukannya Maska. Ckck. Esok harinya pun gue lomba. Gue awalnya gak yakin bisa lolos tahap 1 mengingat peserta nya sampe 400an orang. GILA. Ternyata gue berhasil lolos sampe tahap 3 alias cerdas cermat dan....gue kalah._. lumayan bisa masuk sampe 15 besar. Hehe. Gue pun melanjutkan libur natal gue di Jakarta. Dan di bulan ini, gue ketemu seseorang. :)


And so, this is my year. :) Goodbye 2012. IT'S OFFICIALLY 2013!  HAPPY NEW YEAR 2013!

From January to December Part 2 #RoadTo2013

Caturwulan pertama di 2012 sudah gue lewati. Mari kita lanjutkan ke Caturwulan kedua di 2012 ini.

May

Gue memulai Mei dengan Upacara Hari Pendidikan Nasional yang dilanjutkan dengan Pelatihan Intensif menuju seleksi OSN tingkat kotamadya. Berbeda dengan Sultan yang udah master matematika, Irfan yang master fisika, Dhiya yang master Biologi, mereka udah curi start buat siap-siap duluan karena matpel mereka dikasih pelatihan dan........matpel gue sendiri gak dikasih. Ok, fine. Akhirnya gue yang cupu nan cengo 'dikurung' di ruang guru semenjak pasca-Upacara Hari Pendidikan Nasional sampe H-1 seleksi tingkat kota. Totalnya gue dikurung selama 3 harian. 3 hari itu gue pemantapan mater-materi yang bakal diujikan pas seleksi tingkat kotamadya nanti. Alhamdulillah pas hari H gue siap 90%. Kemana 10% nya lagi?kebawa sama mimpi gue, akibat pas lagi belaja tiba-tiba ketiduran. Dan pas kebangun gue kelabakan. Hari H pun tiba. Gue yang bermodalkan doa dan materi-materi yang sudah di review bersama Pak Djalil, Bu Neneng, dan Bu Suryati juga sedikit bersama Pak Marlan pun mengerjakan tes. Alhamdulillah gue melalui tes itu dengan damai, walaupun ada beberapa nomer yang bermodalkan capcipcup. Biarlah lihat saja nanti. Sepulangnya gue dari tempat seleksi, gue ke sekolah buat balikin gespernya Nia yang gue pinjem dan ngerjain project science bareng anak-anak 8I. Karena pada awalnya agak gabut, akhirnya kita makan kue cubit yang gue bawa sambil nunggu print an buat project-_-

4 hari pasca seleksi tingkat kotamadya, hasil keluar. Sudin Pendidikan jakarta Selatan mengirimkan surat cinta ke sekolah gue melalui burung merpati untuk memberi tahu hasil dan undangan buat pelatihan 25besar Jaksel di LPMP Pasar Minggu. Besoknya setelah menerima surat itu, tim OSN smabel yang kebetulan lolos semua (alhamdulillah) berangkat ke LPMP buat pelatihan. Disana gue ketemu temen-temen IPS 25besar nya Jaksel. Orang pertama yang gue kenal adalah Brenda, teman sebelah bangku gue yang berasal dari SMPK Tirtamarta BPK Penabur. Dan semenjak hari itu...semua semakin kenal dan sampai pada hari terakhir pas pelatihan seorang guru geografi ngelawak tentang merk pompa air yang dikira produk Jepang padahal produk Tegal bahkan nama merk itu pun berasal dari bahasa tempat produksi; Niki Toya.

Pasca pelatihan di LPMP itu, masih ada pelatihan lanjutan di SMPN 19 Jakarta beserta tes-tes seleksi penyaringan peserta pra-OSP. Alhamdulillah, gue beserta tim berhasil melalui tes-tes pra-OSP kecuali Athur (yang gantiin Sultan di mat) yang harus tersisih duluan. Di sela-sela pelatihan paling intensif karena udah mepet OSP, sekolah gue dan sekolah-sekolah RSBI lainnya mengadakan ujian dari Direktorat (Kemdiknas). Mau gamau....gue dibebaskan sementara alias harus ikut ujian susulan karena diwajibkan mengikuti pelatihan pra-OSP. Sementara pelatihan, gue makin kenal sama anak-anak dari berbagai penjuru Jakarta. Dan gue makin dekat sama mereka.

Pasca pelatihan dari LPMP, tepatnya hari pertama pelatihan di SMPN 19 Jakarta, SMPN 115 Jakarta menyelenggarakan Science Expo selama 2hari. Itu adalah Science Expo yang pertama kali diselenggarakan oleh smabel. Gue yang menjadi bagian dari panitia pun harus nyesek, karena gue gabisa hadir (dan tidak diperbolehkan oleh pihak sekolah buat bolos pelatihan buat hadir) di Science Expo itu. Ah gue cuma bisa mingkem denger temen-temen gue cerita tentang Science Expo yang terdengar menyenangkan itu.

June

Gue memulai Juni dengan ujian susulan English. Gue sengaja ambil English duluan karena gamau belajar yang susah-susah dulu karena sebetulnya hari free itu digunakan buat istirahat dan belajar siap-siap buat OSP besoknya. Untungnya, guru gue mempersilahkan gue susulan pake LJE (ya, gue males banget buletin jawaban waktu itu). Walaupun gue masuk sekolah, tetep aja concentrate gue buat OSP besok. Gue banyak nongkrong di ruang guru yang akhirnya gue juga nomaden kemana-mana. Dan....bad thing happened again. Pas belajar, gue ketiduran. Nice abis. Paginya gue panik dan.....pas ngerjain pun gue setengah pasrah. Pada hari H pun sebelumnya diadakan briefing di aula SMPN 19 Jakarta, tempat tes berlangsung. Sebelum tes kita dikasih tau kalo pengumuman hasil OSP alias seleksi tingkat provinsi yang menentukan langkah lo akan lanjut ke babak nasional atau terhenti di tingkat Provinsi aja. Katanya sih pengumuman tanggal 14 Juni alias 12 hari setelah tes. Baiklah gue setia menunggu. Setelah briefing, tes pun berlangsung. Gue menyelesaikan tes dengan tenang. Selesai tes, gue cuma bisa pasrah aja dan harus fokus ke Ujian Akhir Semester yang digelar pada hari Senin dan tentunya....gue harus susulan Ujian RSBI alias Ujian Direktorat. Damn.

Gue melalui minggu yang penuh dengan ujian dengan sedikit selamat. Minggu itu benarbenar ujian. Ujian materi, ujian kesabaran, dan ujian ketahanan belajar sampe malem demi mendapatkan hasil yang terbaik. Alhamdulillah UAS ini gue gak menemukan masalah. Nilai gue gak ada masalah, Tapi, yang paling bermasalah ujian RSBI gue-_-gue mengikuti susulan matpel Math dan Science. Kebetulan gue menjadi cubluk di pelajaran Math pada semester 4 kemarin dan hasilnya gue harus remedial. Begitu pula dengan Science. Sistem di sekolah gue, LJK Physics Science dan Biology Science dipisah. Gaada problem buat Physics. Tapi Biology gue....bleketekan gajelas itu nilai akibat faktor guru gue yang ngajar materi gajelas banget (bahkan gue suka gangerti dia ngajarin apa) dan gue gak masuk jam Biologi selama hampir sebulan karena harus pelatihan. Hft yasudahlah.

Gue pun melalui hari-hari seperti biasa pasca ujian. Remed, ngumpulin tugas, bersenang-senang saat classmeeting. Dan pada masa classmeeting, kelas gue terkena 'ujian'. iPod nya Rindhi dan Alya hilang pada hari yang sama. Besoknya (pasca mereka sadar iPod mereka hilang), mereka cerita ke temen-temen sekelas. Kebetulan buat si Rindhi ini gue dari awal tau cerita dia sadar iPod nya gak ada karena kebetulan waktu dia sadar iPod nya gak ada itu pas dia lagi sama gue. Akhirnya kita coba lapor ke wali kelas, dan coba-coba tanya ke Cleaning Service yang suka gangguin gue sama temen gue. Kali aja dia tau. Setelah dalam masa pasrah dan pencarian kurang lebih 3-4 hari, pada hari ke 5 di minggu itu, Cleaning Service yang gue dan temen gue tanyain tiba-tiba nyamperin Rindhi dan Alya. Ternyata dia menemukan iPod mereka berdua dan sekalian nunjukin mereka dimana iPod mereka berada. Ternyata......iPod Rindhi dan Alya ditemukan di kantin di tempat jualan mie dengan keadaan di charge dan ternyata iPod mereka dicuri oleh oknum dalam alias masih orang sekolah dan dijual ke penjual mie dengan harga fantastis bagi iPod Nano; sekitar Rp 100.000. Akhirnya kasus ini pun diselesaikan di pihak yang berwenang.

Hari pun silih berganti. Ternyata pengumuman keluar lebih cepat. Pada tanggal 13 sore pun pengumuman udah keluar. Alhamdulillah, gue dan Irfan dikasih kesempatan buat berangkat ke Pontianak mewakili DKI Jakarta. Sedangkan Dhiya harus terhenti langkahnya. Alhamdulillah yah liburan gratis. Setelah pengumuman, beberapa hari kemudian gue, ortu, dan guru diundang buat technical meeting di Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Gue memang diberangkatkan dengan gratis tapi guru pendamping dan ortu yang ingin mendampingi harus bayar sendiri. Setelah techmet, 4 hari kemudian gue masuk karantina. Cerita karantina gue sudah gue ceritakan di artikel yang berjudul "DC-10!< 3" dan "How I Found My Own Happiness" beserta cerita OSN gue. Setelah karantina seminggu, hari yang ditunggu pun tiba. Pada tanggal 28, gue dan kontingen berangkat ke tanah Borneo. Dan gue menutup bulan Juni ini dengan tes hari pertama alias tes tayang yang rada-rada bikin gue pengen kayang.

"This is not the end, this is not the beginning."- Linkin Park (Waiting For The End)

July

"It's the most beautiful time of the year." -Justin Bieber (Mistletoe)

Gue memulai bulan ini lagi-lagi dengan ujian. Ujian yang berbeda untungnya. Pada hari pertama bulan Juli ini, gue memulai hari dengan ujian hari terakhir alias Tes Teori. Sedikit lebih baik dari hari kemarin, rasanya. Dan gue bersama tim IPS dan Biologi bikin surprise kecil buat Maska yang kemarinnya ultah. Surprise ini dilakukan di basecamp IPS alias kamar 116 dan saking niatnya memberi kejutan sampe gue nyelip di rak bawah tv. Gila.

Awal Juli gue habiskan buat bersenang-senang setelah tes bersama DC-10. Trip keliling Pontianak, cari oleh-oleh, dan menyusuri pinggir Kapuas. Salah satu hadiah terindah di 2012 ini gue dapatkan di Pontianak, ketika hari pengumuman medali. Gue yang dulu tidak pernah berfikir untuk mendapatkan medali bahkan perunggu sekalipun, sekarang medali itu tersimpan rapih di rumah gue. Gue kadang juga masih gapercaya kalo gue sehoki itu. Entahlah hoki atau apa yang bisa menuntun gue kepada medali itu. Ea kaka.

"Tell me how to get back to, back to Summer Paradise with you." -Simple Plan (Summer Paradise)

Sepulangnya gue dari OSN, gue kayak kambing yang gembalanya lagi bokek. Diem aja. Bengong. Masih kangen banget sama OSN. Jujur, setelah pulang tuh gue kesepian karean 2minggu terbiasa dari bangun sampe mau tidur ada temennya. 6hari pasca kepulangan, akhirnya gue ketemu lagi sama mereka. Separuh aku. Pertemuan singkat sekitar 2-3 jam itu pun sebenernya masih kurang buat gue. Gue...masih kangen.

2 minggu pasca pulang dari Pontianak, gue udah masuk sekolah. Beradaptasi dengan kelas baru, padahal gue masih super duper pewe sama 8I. Gue pun masih kangen OSN. Yah yaudah lahya. Yang membahagiakan dari masuk sekolah: baru masuk beberapa hari udah libur lagi karena menyambut bulan Ramadhan.

August

Alhamdulillah bulan Syawal tiba di bulan ini. Gakerasa makin maju aja ya. Di pertengahan Agustus ini, lebaran pun tiba. Alhamdulillah rezeki ngalir. Lebaran tahun ini gue gak pulkam. Yaudahlahya yang penting lebaran. Yang penting bisa ngerasain berkah lebaran. Ea.

9 hari pasca lebaran, gue udah harus masuk ke sekolah lagi. Ah sekolah. Masuk sekolah pun gue sudah ditunggu oleh ulangan. Mau gamau harus mau ikut ulangan.

Gue menutup bulan Agustus dengan genap berumur 14 tahun pada tanggal 30. Kebetulan hari ulangtahun gue jatuh pada hari Kamis dan kebetulan pas masuk sekolah. Tidak ada yang begitu spesial bahkan gue pun mendapat 'hadiah' dari Laoshi gue berupa Ulangan. Nice. Alhamdulillah di hari itu gue berhasil melewati ulangan dan hasilnya pun cukup memuaskan. Anggap saja itu hadiah dari Laoshi-_-hadiah gue gaksampe di nilai ulangan aja. Berlanjut pas jam istirahat kedua, gue lagi di kelas tiba-tiba temen gue anak kelas 9G dateng nyari gue dan dia memberikan surat yang dititipkan sama satpam. Ternyata, surat itu adalah surat penawaran beasiswa dari SMA Pribadi BBS Bandung. Kado yang sangat spesial buat gue. Gue rasa cukup sudah kado buat hari itu. Tapi kenyataan berkata lain ketika gue pulang sekolah.

Ceritanya, gue udah mau pulang udah minta dijemput. Tiba-tiba ada yang nelfon gue katanya Pak Yu, wali kelas gue, nyariin gue. Gue yang udah diluar sekolah pun mau gamau balik ke sekolah. Pas gue cari Pak Yu di tempat yang dimaksud temen gue, eh gaada. Akhirnya gue balik ke temen gue dan nanya Pak Yu dimana. Tiba-tiba Putri datengin gue dan bilang "Shei gue pinjem bb sm ipod lo dong!" yaudah gue pinjemin tanpa curiga. Terus pas gue lagi bingung nyariin Pak Yu, tiba-tiba gue diseret temen gue ke deket kolam ikan dan....BYUR! Gue dicemplungin ke kolam ikan, sodara-sodara. Setelah diceburin, gue berusaha bangun. Eh diceburin lagi. Dan itu bener-bener semua kecebur. Baju, rok, sepatu nyemplung aja semua-_-untung kepala gue gak kerendem di kolam ikan itu. Setelah gue bangkit dan copot sepatu (biar gabecek pas mondar-mandir cari hp&ipod gue yang dipinjem), gue nanyain hp&ipod gue karena gue mau cepet-cepet pulang. Dingin woy abis dilelepin. Taunya pas gue nanya hp gue dimana, pasti pada lempar-lemparan. Misal "Putrii hp gue dimanaa?" "Udah gak di gue. Gue mau pulaang. Tanya Nia." "Niaa hp gue dimanaa?" "Gak di gue. Nih dn lo tulisannya 'ada di Sasha'" "Sauul hp gue dimana?" "Gak di guee" seterusnya sampe begitu. Sampe gue ditelfon nenek gue yang kebetulan hari itu jemput gue, garagara gue lama&gak angkat telfon akhirnya gue ditinggal dan pulang naik angkot. Plus selama nyari hp, sepatu dan kaos kaki gue suka banget dicemplungin ke kolam sampe gue bolakbalik nyaris diceburin (lagi) ke kolam. Untung gue gak nyusruk ke kolam. Hari itu, gue pulang sekolah dengan pakaian yang semi-kering karena gue bolakbalik cari hp sampe baju gue lumayan kering dan dalam kondisi amis&setengah basah gue naik angkot. Untung gue gak diturunin supir angkot itu di tengah jalan karena keamisan gue. Dan gue juga mendapat hadiah kecil berupa donat yang dibeli dari Dunkin Donuts dan pas gue disuruh makan donat itu malah donat nya ditempel ke muka gue. Penjebakan yang keren, thank you for the surprise, 8I!Lovelove< 3


"Every moment with you, is the sweetest one." -Iklan Tropicana Slim.


From January to December Part 1 #RoadTo2013

Ganyampe setengah hari lagi 2012 bakalan berakhir. Wait. This is 366 0f 366. Yah gue baru sadar juga sih udah lama banget gak ngepost. Gila gue curhat banget ckckck. Gakerasa ya waktu berjalan. Gue masih inget pas malam pergantian tahun, tiba-tiba ntar malem udah pergantian tahun lagi ck. Seiring berjalannya waktu, begitu banyak memori yang tersimpan. Entah itu yang manis kayak gulali, indah kayak pelangi, pahit kayak pil kb kina, asam kayak ketek jeruk nipis, atau buruk......seperti nilai yang memaksa lo buat remedial. Dipenghujung tahun ini, gue cuma mau inget-inget semua kenangan di tahun 2012. Let me start it. From January to December.

----
January

Gue memulai tahun ini dengan menghadiri Opening Ceremony Smabel Cup 2, acara cup nya sekolah gue yang kala itu diselenggarakan oleh senior gue. Lalu memulai sekolah dan yap, "Happy Birthday, Nina!" aka surprise kecil buat Nina, my beloved chairmate. Sebenernya, Nina ulangtahun hari Minggu, sehari sebelum sekolah masuk. Akhirnya gue dan Intan memutuskan buat ngerjain Nina. Gak kok gue gak nyeplokin Nina pake telor busuk ataupun nyiram pake air comberan. Sederhana sekali, pada hari pas dia ulangtahun, gue dan Intan ngasih tau sekelas buat gak ngucapin pas hari H dan besoknya ketika di sekolah, baru kita kerjain Nina. Besoknya, masih belum ada yang ngucapin. Itu sudah bagian dari rencana. Dan tepat pada waktu yang sudah di set (tepatnya pada jam pelajaran Math dan sudah dikoordinasikan dengan guru), kita mulai kerjain Nina. Guru gue sengaja masuk kelas tanpa membawa apa-apa, nah tujuannya biar Nina ntar yang diminta tolong ambilin barang-barang yang dibutuhkan pada saat mengajar (kebetulan dia emang suka dimintain tolong sama guru Math gue) tentunya secara BERTAHAP. Mampus lo Nin pegel-pegel naik turun lantai 3 ke lantai 1. Dan pas barang terakhir diambil....sebelum dia masuk kelas...semua siapsiap. Dan.....BRUK! Happy Birthday, Nina! Yak, kalo biasanya orang-orang ditepungin pake terigu, Nina ini dipentung pake sapu kelas (dengan alasan biar gak ngotorin kelas dan menghemat waktu-_-) setelah dipentung, Nina dikasih kertas karton yang berisi tandatangan dan ucapan dari smabel34&cupcake (terimakasih Intan yang rela mau jadi 'sponsor'._.). Setelah itu.....kayaknya gak ada yang spesial selain hari ulangtahun Hasna, yang kebetulan gue gaikut ngerjain gara-gara sakit, dan setelah hari ulangtahun Nina berlalu, yang muncul hanyalah Tes Diagnostik yang susahnya lebay banget. Gue gangerti kenapa itu tes diagnostik pake materi-materi semester 4 yang belum diajarkan sama sekali. Capek deh.

February

Apa ya....wkwkwk. H-30 menuju UTS. -_- mungkin yang paling spesial hanyalah penjebakan Nia&Nisa yang berulangtahun pada tanggal 18. Dan surprise nya pada tanggal 21. Berbeda dengan surprise nya Nina, surprise Nia&Nisa ini lebih extreme yaitu, Nia dan Nisa bener-bener ditepungin pake terigu dan kopi di Lapangan Voli sekolah kami. Penjebakan berlangsung pada saat pulang sekolah dan agak molor setengah jam dari jadwal semula karena bahan-bahan masih ada yang kurang-_-setelah itu....semua normal-normal aja kayaknya...

March

Waktunya......UTS. Hoam hoam. Gue gangerti kenapa semester genap ada UTS karena perasaan gue biasanya UTS cuma ada pas semester ganjil. Sialnya, pas UTS hari ke 2 pada malamnya gue kena alergi, yang menyebabkan pada besok hari nya gue gabisa ikut ujian. It means....su-su-lan. Enaknya susulan, kalo ngerjain soal susah bisa dapet extra time sesuka hati kita. Gaenaknya susulan.....ada soal susah lo gabisa nyontek. Seiring dengan UTS, ada pula tes buat calon murid baru sekolah gue. Pas sekali moment nya.

April

"They said this day wouldn't come. We refused to run." -The Wanted (Chasing The Sun)

Gue membuka April dengan setumpuk schedule. April datang, artinya deadline drama tim gue yang bertajuk "Pirates of the Caribbean" semakin dekat. April Mop tiba, tidak ada yang cukup spesial. Gue sih berharapnya pas April Mop ada gitu yang bilang "April Mop! Tanggal 1 April diundur jadi bukan hari ini!" Random sih, tapi...apa salahnya berharap yang sebenernya gaperlu diharapkan. Yasudahlah, mau gue apain lagi. Akhirnya gue dan tim jadi cepet-cepet ngerampungin drama....walaupun sampai hari H pementasan pun belum 100% siap. Hadeh tapi kepepet deadline dan salah satu dari tim gue, Intan, harus berangkat ke Turki di pertengahan April buat syuting sinetron Kupinang Kau Dengan Bismillah acara folklore gitu. Yaudah akhirnya seadanya. Bisa dibilang, setting dan kostum udah siap banget. Bahkan karena drama tim gue script nya cukup banyak, akhirnya kita pake teknologi yang menyebabkan trend yang dipake oleh Indosiar. Bukan acting sambil terbang naik elang ataupun nyanyi sambil lipsync, tapi acting dan suara kita di dubbing. Awalnya emang agak keren, tapi pas mulai ketengah...mulai pada blank dan hasilnya jadi bingung. Akhirnya drama ini kita cepetin ke bagian paling keren, pas Saski as Jack Sparrow lagi berantem main pedang-pedangan gitu plus backsound nya mendukung banget. Gila itu saver banget. (Thankyou Saski and team yang akhirnya men-set drama jadi lebih cepet wkwk.) Diakhir acara, treasure yang berupa koin coklat pun digelontorkan kepada penonton. Walaupun tengahnya agak berantakan dikit, alhamdulillah berakhir cukup keren. Selesai pula drama yang gue dan tim siapkan dalam jangka waktu 1 setengah-2 bulan. :)

Drama berakhir, waktu UN semakin dekat. Nggak. Gue gaikut UN tahun ini. Waktu UN=libur. Walaupun libur seminggu, gue awalnya bingung juga mau ngapain liburan. Eh tiba-tiba nyokap ngajak ke Semarang. Yaudah. Tapi, sebelum gue memulai libur UN ke Semarang, gue bertolak ke JITEC Mangga Dua dulu buat nonton konser Greyson Chance. Yes, man! That boy was coming back to the town! Wish gue di tahun lalu terkabul.  Gue nonton konser Greyson Chance di posisi purple alias posisi paling belakang. Yah not too bad lah, namanya juga dikasih gratisan haha. Gue tetep terpesona dengan kegantengan Greyson dan suaranya yang sesuatu nan cetar membahana. Buset, ini Syahrini apa gue. Dan accidentally gue ketemu Coboy Junior, boyband Indonesia yang berisi anak-anak yang baru masuk SMP yang digandrungi banyak remaja Indonesia, yang juga nonton. Bedanya sama gue, mereka nonton di Green, kalo gak salah.

Setelah konser Greyson, 2 hari kemudian gue pulang ke kota tempat gue menghabiskan masa kecil, Semarang. Setelah 2 tahun gak balik, akhirnya bisa visit kesana lagi. 7 hari gue habiskan di Semarang. Seneng banget bisa keliling Semarang, main ke Pantai Marina terus kulineran di Simpang Lima dan Pandanaran. Gue juga gak lupa visit ke Masjid Agung Jawa Tengah yang keren pake banget. Kebetulan, pas gue lagi ke Masjid Agung Jawa Tengah lagi ada pengajian yang dishoot sama MNCTV dan yang mimpin Ustad Guntur Bumi kalo gasalah. Ya pokoknya Ustad yang terkenal itu deh-_-nenek gue yang kayaknya pengen nonton sekaligus pengen masuk tv, sholat mepet-mepet (belakang) kamera. Beda sama gue yang sholat di sebelah kabel-kabel. Macam tukang gulung kabel saja. Perjalanan pulang pergi Jakarta-Semarang ini kami tempuh dengan menggunakan mobil. Lumayan capeksih tapi asik juga. Setelah 7 hari disana, gue dan keluarga pun pulang ke Jakarta. Back to school, ceritanya.

Belum lama gue abis nyicipin wingko babat, moaci/mochi, dkk, gue udah harus berhadapan dengan bangku dan kursi sekolah beserta persiapan tim OSN. Yoi cuy, baru masuk bahkan sebelum libur aja, tim OSN IPS yang terdiri dari gue, Nina si chairmate gue, Calvin anak 8B (dia cowo sendiri loh di tim), Syifa ketua fotografi dari 8C, dan Alma yang berdomisili dari 8F udah dikasih latihan soal buat latihan dan persiapan. Diem-diem pas liburan gue meninggalkan semua latihan-latihan itu. Besoknya, tiba-tiba nama gue dipanggil dari teleskul disuruh ke ruang wakasek. Dipanggilnya pun pas jam pelajaran. Deg-degan serius. Gue gak sendiri. Gue dipanggil bareng Irfan, Sultan, dan Dhiya yang kelasnya beda sama gue. Memalukannya, gue dipanggil di teleskul dengan nama Sheila Jasmine Romadhon. Melenceng abis dari nama gue yang asli, Sheila Jasmine Meutia Azzara. Awalnya gue ragu buat turun tapi pas turun, bener yang dipanggil ternyata gue. Gilingan nih nama gue diubah-ubah. Ternyata, gue bersama Dhiya, Irfan, dan Sultan diutus oleh sekolah sebagai tim OSN dengan matpel yang berbeda-beda untuk mewakili SMPN 115 di tingkat Jakarta Selatan. Asal lo tau, jarak dari hari pemanggilan ke seleksi tingkat kotamadya itu gak nyampe seminggu dan semua materi belum gue kuasai pol. Anyway, memalukannya gue didaftarkan ke Sudin Pendidikan Jakarta Selatan sebagai peserta matpel IPS dengan nama Sheila Jasmine Romadhon.

"And this is crazy." -Carly Rae Jepsen (Call Me Maybe)
There was an error in this gadget