Monday, December 31, 2012

From January to December Part 2 #RoadTo2013

Caturwulan pertama di 2012 sudah gue lewati. Mari kita lanjutkan ke Caturwulan kedua di 2012 ini.

May

Gue memulai Mei dengan Upacara Hari Pendidikan Nasional yang dilanjutkan dengan Pelatihan Intensif menuju seleksi OSN tingkat kotamadya. Berbeda dengan Sultan yang udah master matematika, Irfan yang master fisika, Dhiya yang master Biologi, mereka udah curi start buat siap-siap duluan karena matpel mereka dikasih pelatihan dan........matpel gue sendiri gak dikasih. Ok, fine. Akhirnya gue yang cupu nan cengo 'dikurung' di ruang guru semenjak pasca-Upacara Hari Pendidikan Nasional sampe H-1 seleksi tingkat kota. Totalnya gue dikurung selama 3 harian. 3 hari itu gue pemantapan mater-materi yang bakal diujikan pas seleksi tingkat kotamadya nanti. Alhamdulillah pas hari H gue siap 90%. Kemana 10% nya lagi?kebawa sama mimpi gue, akibat pas lagi belaja tiba-tiba ketiduran. Dan pas kebangun gue kelabakan. Hari H pun tiba. Gue yang bermodalkan doa dan materi-materi yang sudah di review bersama Pak Djalil, Bu Neneng, dan Bu Suryati juga sedikit bersama Pak Marlan pun mengerjakan tes. Alhamdulillah gue melalui tes itu dengan damai, walaupun ada beberapa nomer yang bermodalkan capcipcup. Biarlah lihat saja nanti. Sepulangnya gue dari tempat seleksi, gue ke sekolah buat balikin gespernya Nia yang gue pinjem dan ngerjain project science bareng anak-anak 8I. Karena pada awalnya agak gabut, akhirnya kita makan kue cubit yang gue bawa sambil nunggu print an buat project-_-

4 hari pasca seleksi tingkat kotamadya, hasil keluar. Sudin Pendidikan jakarta Selatan mengirimkan surat cinta ke sekolah gue melalui burung merpati untuk memberi tahu hasil dan undangan buat pelatihan 25besar Jaksel di LPMP Pasar Minggu. Besoknya setelah menerima surat itu, tim OSN smabel yang kebetulan lolos semua (alhamdulillah) berangkat ke LPMP buat pelatihan. Disana gue ketemu temen-temen IPS 25besar nya Jaksel. Orang pertama yang gue kenal adalah Brenda, teman sebelah bangku gue yang berasal dari SMPK Tirtamarta BPK Penabur. Dan semenjak hari itu...semua semakin kenal dan sampai pada hari terakhir pas pelatihan seorang guru geografi ngelawak tentang merk pompa air yang dikira produk Jepang padahal produk Tegal bahkan nama merk itu pun berasal dari bahasa tempat produksi; Niki Toya.

Pasca pelatihan di LPMP itu, masih ada pelatihan lanjutan di SMPN 19 Jakarta beserta tes-tes seleksi penyaringan peserta pra-OSP. Alhamdulillah, gue beserta tim berhasil melalui tes-tes pra-OSP kecuali Athur (yang gantiin Sultan di mat) yang harus tersisih duluan. Di sela-sela pelatihan paling intensif karena udah mepet OSP, sekolah gue dan sekolah-sekolah RSBI lainnya mengadakan ujian dari Direktorat (Kemdiknas). Mau gamau....gue dibebaskan sementara alias harus ikut ujian susulan karena diwajibkan mengikuti pelatihan pra-OSP. Sementara pelatihan, gue makin kenal sama anak-anak dari berbagai penjuru Jakarta. Dan gue makin dekat sama mereka.

Pasca pelatihan dari LPMP, tepatnya hari pertama pelatihan di SMPN 19 Jakarta, SMPN 115 Jakarta menyelenggarakan Science Expo selama 2hari. Itu adalah Science Expo yang pertama kali diselenggarakan oleh smabel. Gue yang menjadi bagian dari panitia pun harus nyesek, karena gue gabisa hadir (dan tidak diperbolehkan oleh pihak sekolah buat bolos pelatihan buat hadir) di Science Expo itu. Ah gue cuma bisa mingkem denger temen-temen gue cerita tentang Science Expo yang terdengar menyenangkan itu.

June

Gue memulai Juni dengan ujian susulan English. Gue sengaja ambil English duluan karena gamau belajar yang susah-susah dulu karena sebetulnya hari free itu digunakan buat istirahat dan belajar siap-siap buat OSP besoknya. Untungnya, guru gue mempersilahkan gue susulan pake LJE (ya, gue males banget buletin jawaban waktu itu). Walaupun gue masuk sekolah, tetep aja concentrate gue buat OSP besok. Gue banyak nongkrong di ruang guru yang akhirnya gue juga nomaden kemana-mana. Dan....bad thing happened again. Pas belajar, gue ketiduran. Nice abis. Paginya gue panik dan.....pas ngerjain pun gue setengah pasrah. Pada hari H pun sebelumnya diadakan briefing di aula SMPN 19 Jakarta, tempat tes berlangsung. Sebelum tes kita dikasih tau kalo pengumuman hasil OSP alias seleksi tingkat provinsi yang menentukan langkah lo akan lanjut ke babak nasional atau terhenti di tingkat Provinsi aja. Katanya sih pengumuman tanggal 14 Juni alias 12 hari setelah tes. Baiklah gue setia menunggu. Setelah briefing, tes pun berlangsung. Gue menyelesaikan tes dengan tenang. Selesai tes, gue cuma bisa pasrah aja dan harus fokus ke Ujian Akhir Semester yang digelar pada hari Senin dan tentunya....gue harus susulan Ujian RSBI alias Ujian Direktorat. Damn.

Gue melalui minggu yang penuh dengan ujian dengan sedikit selamat. Minggu itu benarbenar ujian. Ujian materi, ujian kesabaran, dan ujian ketahanan belajar sampe malem demi mendapatkan hasil yang terbaik. Alhamdulillah UAS ini gue gak menemukan masalah. Nilai gue gak ada masalah, Tapi, yang paling bermasalah ujian RSBI gue-_-gue mengikuti susulan matpel Math dan Science. Kebetulan gue menjadi cubluk di pelajaran Math pada semester 4 kemarin dan hasilnya gue harus remedial. Begitu pula dengan Science. Sistem di sekolah gue, LJK Physics Science dan Biology Science dipisah. Gaada problem buat Physics. Tapi Biology gue....bleketekan gajelas itu nilai akibat faktor guru gue yang ngajar materi gajelas banget (bahkan gue suka gangerti dia ngajarin apa) dan gue gak masuk jam Biologi selama hampir sebulan karena harus pelatihan. Hft yasudahlah.

Gue pun melalui hari-hari seperti biasa pasca ujian. Remed, ngumpulin tugas, bersenang-senang saat classmeeting. Dan pada masa classmeeting, kelas gue terkena 'ujian'. iPod nya Rindhi dan Alya hilang pada hari yang sama. Besoknya (pasca mereka sadar iPod mereka hilang), mereka cerita ke temen-temen sekelas. Kebetulan buat si Rindhi ini gue dari awal tau cerita dia sadar iPod nya gak ada karena kebetulan waktu dia sadar iPod nya gak ada itu pas dia lagi sama gue. Akhirnya kita coba lapor ke wali kelas, dan coba-coba tanya ke Cleaning Service yang suka gangguin gue sama temen gue. Kali aja dia tau. Setelah dalam masa pasrah dan pencarian kurang lebih 3-4 hari, pada hari ke 5 di minggu itu, Cleaning Service yang gue dan temen gue tanyain tiba-tiba nyamperin Rindhi dan Alya. Ternyata dia menemukan iPod mereka berdua dan sekalian nunjukin mereka dimana iPod mereka berada. Ternyata......iPod Rindhi dan Alya ditemukan di kantin di tempat jualan mie dengan keadaan di charge dan ternyata iPod mereka dicuri oleh oknum dalam alias masih orang sekolah dan dijual ke penjual mie dengan harga fantastis bagi iPod Nano; sekitar Rp 100.000. Akhirnya kasus ini pun diselesaikan di pihak yang berwenang.

Hari pun silih berganti. Ternyata pengumuman keluar lebih cepat. Pada tanggal 13 sore pun pengumuman udah keluar. Alhamdulillah, gue dan Irfan dikasih kesempatan buat berangkat ke Pontianak mewakili DKI Jakarta. Sedangkan Dhiya harus terhenti langkahnya. Alhamdulillah yah liburan gratis. Setelah pengumuman, beberapa hari kemudian gue, ortu, dan guru diundang buat technical meeting di Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Gue memang diberangkatkan dengan gratis tapi guru pendamping dan ortu yang ingin mendampingi harus bayar sendiri. Setelah techmet, 4 hari kemudian gue masuk karantina. Cerita karantina gue sudah gue ceritakan di artikel yang berjudul "DC-10!< 3" dan "How I Found My Own Happiness" beserta cerita OSN gue. Setelah karantina seminggu, hari yang ditunggu pun tiba. Pada tanggal 28, gue dan kontingen berangkat ke tanah Borneo. Dan gue menutup bulan Juni ini dengan tes hari pertama alias tes tayang yang rada-rada bikin gue pengen kayang.

"This is not the end, this is not the beginning."- Linkin Park (Waiting For The End)

July

"It's the most beautiful time of the year." -Justin Bieber (Mistletoe)

Gue memulai bulan ini lagi-lagi dengan ujian. Ujian yang berbeda untungnya. Pada hari pertama bulan Juli ini, gue memulai hari dengan ujian hari terakhir alias Tes Teori. Sedikit lebih baik dari hari kemarin, rasanya. Dan gue bersama tim IPS dan Biologi bikin surprise kecil buat Maska yang kemarinnya ultah. Surprise ini dilakukan di basecamp IPS alias kamar 116 dan saking niatnya memberi kejutan sampe gue nyelip di rak bawah tv. Gila.

Awal Juli gue habiskan buat bersenang-senang setelah tes bersama DC-10. Trip keliling Pontianak, cari oleh-oleh, dan menyusuri pinggir Kapuas. Salah satu hadiah terindah di 2012 ini gue dapatkan di Pontianak, ketika hari pengumuman medali. Gue yang dulu tidak pernah berfikir untuk mendapatkan medali bahkan perunggu sekalipun, sekarang medali itu tersimpan rapih di rumah gue. Gue kadang juga masih gapercaya kalo gue sehoki itu. Entahlah hoki atau apa yang bisa menuntun gue kepada medali itu. Ea kaka.

"Tell me how to get back to, back to Summer Paradise with you." -Simple Plan (Summer Paradise)

Sepulangnya gue dari OSN, gue kayak kambing yang gembalanya lagi bokek. Diem aja. Bengong. Masih kangen banget sama OSN. Jujur, setelah pulang tuh gue kesepian karean 2minggu terbiasa dari bangun sampe mau tidur ada temennya. 6hari pasca kepulangan, akhirnya gue ketemu lagi sama mereka. Separuh aku. Pertemuan singkat sekitar 2-3 jam itu pun sebenernya masih kurang buat gue. Gue...masih kangen.

2 minggu pasca pulang dari Pontianak, gue udah masuk sekolah. Beradaptasi dengan kelas baru, padahal gue masih super duper pewe sama 8I. Gue pun masih kangen OSN. Yah yaudah lahya. Yang membahagiakan dari masuk sekolah: baru masuk beberapa hari udah libur lagi karena menyambut bulan Ramadhan.

August

Alhamdulillah bulan Syawal tiba di bulan ini. Gakerasa makin maju aja ya. Di pertengahan Agustus ini, lebaran pun tiba. Alhamdulillah rezeki ngalir. Lebaran tahun ini gue gak pulkam. Yaudahlahya yang penting lebaran. Yang penting bisa ngerasain berkah lebaran. Ea.

9 hari pasca lebaran, gue udah harus masuk ke sekolah lagi. Ah sekolah. Masuk sekolah pun gue sudah ditunggu oleh ulangan. Mau gamau harus mau ikut ulangan.

Gue menutup bulan Agustus dengan genap berumur 14 tahun pada tanggal 30. Kebetulan hari ulangtahun gue jatuh pada hari Kamis dan kebetulan pas masuk sekolah. Tidak ada yang begitu spesial bahkan gue pun mendapat 'hadiah' dari Laoshi gue berupa Ulangan. Nice. Alhamdulillah di hari itu gue berhasil melewati ulangan dan hasilnya pun cukup memuaskan. Anggap saja itu hadiah dari Laoshi-_-hadiah gue gaksampe di nilai ulangan aja. Berlanjut pas jam istirahat kedua, gue lagi di kelas tiba-tiba temen gue anak kelas 9G dateng nyari gue dan dia memberikan surat yang dititipkan sama satpam. Ternyata, surat itu adalah surat penawaran beasiswa dari SMA Pribadi BBS Bandung. Kado yang sangat spesial buat gue. Gue rasa cukup sudah kado buat hari itu. Tapi kenyataan berkata lain ketika gue pulang sekolah.

Ceritanya, gue udah mau pulang udah minta dijemput. Tiba-tiba ada yang nelfon gue katanya Pak Yu, wali kelas gue, nyariin gue. Gue yang udah diluar sekolah pun mau gamau balik ke sekolah. Pas gue cari Pak Yu di tempat yang dimaksud temen gue, eh gaada. Akhirnya gue balik ke temen gue dan nanya Pak Yu dimana. Tiba-tiba Putri datengin gue dan bilang "Shei gue pinjem bb sm ipod lo dong!" yaudah gue pinjemin tanpa curiga. Terus pas gue lagi bingung nyariin Pak Yu, tiba-tiba gue diseret temen gue ke deket kolam ikan dan....BYUR! Gue dicemplungin ke kolam ikan, sodara-sodara. Setelah diceburin, gue berusaha bangun. Eh diceburin lagi. Dan itu bener-bener semua kecebur. Baju, rok, sepatu nyemplung aja semua-_-untung kepala gue gak kerendem di kolam ikan itu. Setelah gue bangkit dan copot sepatu (biar gabecek pas mondar-mandir cari hp&ipod gue yang dipinjem), gue nanyain hp&ipod gue karena gue mau cepet-cepet pulang. Dingin woy abis dilelepin. Taunya pas gue nanya hp gue dimana, pasti pada lempar-lemparan. Misal "Putrii hp gue dimanaa?" "Udah gak di gue. Gue mau pulaang. Tanya Nia." "Niaa hp gue dimanaa?" "Gak di gue. Nih dn lo tulisannya 'ada di Sasha'" "Sauul hp gue dimana?" "Gak di guee" seterusnya sampe begitu. Sampe gue ditelfon nenek gue yang kebetulan hari itu jemput gue, garagara gue lama&gak angkat telfon akhirnya gue ditinggal dan pulang naik angkot. Plus selama nyari hp, sepatu dan kaos kaki gue suka banget dicemplungin ke kolam sampe gue bolakbalik nyaris diceburin (lagi) ke kolam. Untung gue gak nyusruk ke kolam. Hari itu, gue pulang sekolah dengan pakaian yang semi-kering karena gue bolakbalik cari hp sampe baju gue lumayan kering dan dalam kondisi amis&setengah basah gue naik angkot. Untung gue gak diturunin supir angkot itu di tengah jalan karena keamisan gue. Dan gue juga mendapat hadiah kecil berupa donat yang dibeli dari Dunkin Donuts dan pas gue disuruh makan donat itu malah donat nya ditempel ke muka gue. Penjebakan yang keren, thank you for the surprise, 8I!Lovelove< 3


"Every moment with you, is the sweetest one." -Iklan Tropicana Slim.


No comments:

Post a Comment