Friday, May 10, 2013

8 Tips Presentasi

OSN SMP 2013 tinggal menghitung hari, dimana hari nya sendiri bisa diitung pake jari. Gue dapet kabar kalo buat mapel IPS tahun ini ada tes praktek berupa Presentasi. Kali ini, gue mau share tentang tips presentasi.

Yak, jadi presentasi yang biasa dilakukan di lomba-lomba atau olimpiade pastinya beda sama presentasi di sekolah atau di kelas gitu. Yang biasanya lo lakuin di kelas pasti pake powerpoint dan lo membaca isi powerpoint nya gitu. Gue pernah mengikuti lomba, dimana gue harus mempresentasikan kasus yang ada di video gitu. Jadi presentasi nya kayak analisa. Tapi bisa aja OSN ini presentasi nya pake gambar/poster.Tapi yang pasti, yang ini, beda nya cetar abis. Gangerti?yaudah. Here we go.

1. Amati gambar/video yang diberikan oleh penguji

Kenapa? karena kalo lo gak mengamati dengan baik, otomatis pas waktu presentasi lo bakal plongo di depan penguji. Bukannya dikira peserta OSN, ntar lo malah dikira kambing cengo ngeliat kucing bertelor. Atau salah-salah garagara nekat akibat gak memperhatikan gambar/video dengan baik, lo bakal jadi sotil kuadrat. Sukur-sukur kalo lo lagi hoki. Kalo lagi gak hoki?

2. Susun konsep untuk presentasi ketika sedang mengamati

Oke, bukan berarti gue mengajarkan ke-tidak konsisten-an. Tapi ini seperti menjabarkan dari tips no. 1. Jadi, maksud gue mengamati dengan baik itu bukan berarti lo cuma diem asik nonton/ngeliatin gambar. Tapi, sambil ditonton video/diliat gambarnya, lo juga harus mencerna isi/makna dari video/gambar tersebut. Dan juga sambil menyusun konsep apa saja yang akan dipresentasikan (yaitu intisari dari video/gambar&pengetahuan lo).

3. Jangan lupa sisipkan pengetahuan lo tentang kasus yang ada di gambar/video itu

Biar kesannya presentasi lo gak basi abis. Jadi kan juri nya kayak tertarik gitu dengerin lo ber-presentasi ria. Kasih pengetahuan lo seluas-luasnya, asal jangan melenceng dari topik. Misalkan lo dikasih video/gambar A. Lo banyak tau tentang video/gambar itu. Nah kebetulan lo disuruh jelasin tentang sisi geografi, ya jelasin aja pake intisari yang tadi udah lo tangkep dan pake pengetahuan lo yang menyangkut dengan geografi. Jangan sampe lo malah nyasar-nyasar ke ekonomi. Kalo lo nyasar, yang ada jurinya mangap-mangap liatin lo ngomong. Bukan kagum, tapi bingung lo ngomongin apaan.

4. Bicara seperlunya dan sejelas-jelasnya

Biasanya, pada waktu presentasi akan diberikan durasi waktu untuk peserta mempresentasikan video/gambar. Nah, karena durasi ini, lo harus pandai-pandai mengolah intisari&pengetahuan lo menjadi singkat, padat, dan jelas. Itu kalo pada kasusnya lo hanya diberikan waktu sedikit sedangkan video/gambar yang harus lo presentasikan itu cakupannya luas banget. Gimana kalo waktu yang relatif sedikit tapi apa yang lo sampaikan secara ringkas malah bikin ada sisa waktu?selow aja. Kalo lo rasa apa yang lo presentasikan sudah cukup, yaudah. Gak usah dipanjang lebar tinggi in, salah-salah nanti lo malah bisa nyasar kemana-mana. Jatohnya malah lo kayak ngejatohin apa yang sudah lo presentasikan di awal. Rugi?iyalah.

5. Gunakan bahasa formal

Biasanya, tata bahasa atau estetika dinilai juga. Presentasi lo kurang cetar walaupun pengetahuan lo oke, kalo bahasa lo masih bahasa warung sebelah. Yah seenggaknya pas presentasi bahasa lo kerenan dikit lah. Gaya gitu berasa bahasa pejabat lagi meeting. Setelah presentasi, bahasanya boleh kok kayak gini lagi.

6. Jangan gugup

Untuk bagian mental, ini yang paling penting. Karena kalo lo udah gugup, udah kacau aja semua. Ntar lo malah kalang kabut. Yah kalo gugup mah minimal lo ngomong nya jadi kayak anak playgroup gitu a-u-a-u. Maksimalnya.....lo ngompol atau pingsan, yah yang bikin lo fix gagal presentasi gitu.

7. Jangan lupa berdoa sebelum presentasi

Yak, ini sebenernya yang paling penting. Dengan berdoa, hati lo bakal lebih tenang. Mintalah pada Tuhan agar diberikan kelancaran ketika presentasi. Sesudah presentasi juga berdoalah, agar diberikan hasil yang terbaik. Semoga presentasi lo membawa keberkahan. Percuma kan kalo presentasi lo bagus tapi lo gak berdoa:-D "Manusia boleh berencana, tapi Tuhan yang berkehendak." -semua orang. Ya menurut gue sebenernya berdoa itu yang nomer 1 lah, karena lo meminta kepada Tuhan. Masa iya sih lo lagi dalam ujian gitu Tuhan lo nomer 2 kan padahal Tuhan sering kasih apa yang lo minta?yegak?lo aja dinomerduain sama gebetan kek, pacar kek, ngambek. Nah makanya, jangan lupa berdoa.

8. Usahakan berdiri tegap ketika sedang presentasi

Yah sebenernya ini addition yah tapi gapapa lah. Berdiri tegap bikin lo kelihatan lebih siap dibandingkan presentasi dengan badan yang goyang-goyang gitu. Mending kalo badan lo goyang-goyang dikit. Kalo sampe goyang itik mah namanya lo lagi pentas dangdut, bukan presentasi. Jangan juga sambil nyender tembok, apalagi kalo sambil angkat satu kaki, itu mah namanya lo disetrap guru. Tapi, kalo seandai kata aturan main nya lo harus presentasi sambil jongkok atau tiarap atau sambil berdiri angkat satu kaki sih yaa ikutin aja, daripada nilai lo dikurangin. Yegak?

Udah ye, sesuai judul aje, tips nya cuma 8. Ntar kalo kepanjangan malah dikira pembahasan soal lagi. Oiya, tips ini tidak menjamin 100% yah. Soalnya yang 100% menjamin itu usaha kalian sendiri. Kalo kata Coboy Junior, EAAA. Goodluck buat adikadik peserta OSN XII 2013 Kep. Riau mapel IPS. Semoga berhasil. (:

Semangat,

IPS ang. 3/2012 DKI Jakarta

1 comment:

There was an error in this gadget